NaNdMGV8MWVdLGBaNGFdNWN9MncsynIkynwdxn1c
Tipe Pinjaman Untuk Pengusaha Baru

Tipe Pinjaman Untuk Pengusaha Baru

 

Solusi Keuangan Dengan Jaminan BPKB Mobil


Siapa bilang pinjaman itu hanya akan memberatkan pengusaha baru? Kalau Anda bisa menemukan macam – macam pinjaman yang tepat, tentu hasilnya justru akan mendongkrak usaha ke level yang lebih baik dalam waktu singkat.

Saat ini banyak jenis pinjaman yang disediakan berbagai lembaga, baik perbankan maupun non bank. Dengan persyaratan mudah, para pengusaha jadi berbondong-bondong untuk mendapatkannya. Alhasil tak sedikit pula yang berhasil merealisasikan, tujuan pinjaman adalah sebagai titik balik menuju kesuksesan.

Jika dilihat dari persyaratannya pinjaman untuk modal usaha awal banyak macamnya, tapi ada enam yang paling banyak dicari oleh para pengusaha baru. Apalagi bagi mereka yang memang butuh dana segar, untuk menjalankan usaha dan mempertegas eksistensi di dunia bisnis. Apa saja macamnya?

Pinjaman Tanpa Agunan
Biasa juga disebut dengan Kredit Tanpa Agunan (KTA), yang banyak diburu pengusaha baru karena tak butuh dokumen agunan seperti sertifikat rumah atau BPKB kendaraan. Sehingga Anda tak perlu mengorbankan aset yang dimiliki, hanya untuk meminjam uang.

Jenis pinjaman ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan uang hingga ratusan juta, asalkan memenuhi persyaratan. Biasanya nasabah yang bisa memanfaatkan pinjaman ini, merupakan pengusaha dengan latar belakang finansial yang cukup baik.

Selain untuk modal usaha, pengertian pinjaman ini juga dijabarkan sebagai upaya banyak orang memenuhi kebutuhan daruratnya. Seperti biaya pendidikan, hingga biaya kesehatan.

Pinjaman Multiguna
Kebalikan dari KTA, pinjaman jenis ini mewajibkan calon nasabah untuk menyerahkan dokumen pendukung sebagai jaminan. Dari dokumen itulah nantinya penyedia pinjaman akan menentukan berapa plafon pinjaman, yang bisa diberikan.

Semakin besar nilai dokumen atau properti yang dijadikan jaminan, maka jumlah pinjaman yang akan disetujui juga akan lebih besar. Untuk memilih pinjaman ini Anda juga harus menyediakan dana tambahan untuk asuransi, provisi, bunga, dan administrasi. contoh pinjaman multiguna seperti pinjaman gadai bpkb mobil

Pinjaman Online
Merupakan salah satu dari macam – macam pinjaman yang disediakan dengan proses verifikasi online, penyedianya adalah lembaga yang memiliki platform online. Tapi untuk memastikan keamanannya Anda harus memastikan penyedia pinjaman, sudah terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan.

Prosedurnya cukup dengan mengajukan pinjaman melalui aplikasi penyedia pinjaman, kemudian pihak penyedia akan melakukan verifikasi secara online. Bisa dengan menelepon atau melakukan koneksi, secara daring.

Jika memenuhi syarat maka dalam waktu singkat, Anda sudah bisa mendapatkan dana segar. Biasanya akan ditransfer langsung ke rekening yang didaftarkan, saat pengajuan aplikasi online. Jenis-jenis pinjaman koperasi saat ini juga banyak yang memanfaatkan sistem online, tapi Anda harus tetap selektif saat memilihnya.

P2P Lending
Merupakan pinjaman kekinian, yang jadi salah satu incaran pengusaha kecil dan pemula. Sistemnya yang terbilang mudah, pilihan dana yang juga fleksibel, dan bunga yang rendah menjadi alasan banyaknya peminat jenis pinjaman ini.

Prosesnya dengan mencari pemodal, yang akan mendanai Anda melalui platform yang disediakan. Jika Anda sudah mendapatkan pemodal, maka dana akan segera disetor ke rekening. Tapi tentunya dengan persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dahulu, sebelum bisa mendapatkan pinjaman ini.

Pinjaman Usaha Rakyat
Nama lain dari macam – macam pinjaman yang satu ini, adalah Kredit Usaha Rakyat (KUR). Disediakan oleh pemerintah melalui bank yang ditunjuk, salah satunya adalah BRI. Ini adalah salah satu dari jenis-jenis pinjaman bank, yang disediakan BRI dan berbagai bank milik pemerintah maupun swasta.

Jika dulu jumlah pinjaman dibatasi hingga puluhan juta, namun sekarang sudah mencapai angka ratusan juta. Tentunya jika Anda sudah memenuhi syarat yang ditentukan. Mau coba? Datang saja langsung ke BRI, untuk mengetahui syarat lengkap dan prosedur pengajuannya.

Pegadaian
Lembaga peminjaman uang ini paling banyak dicari, pengusaha baru dan jadi contoh pinjaman dengan pelayanan cukup memuaskan. Jika Anda ingin cari pinjaman usaha baru, bisa memanfaatkan produk pinjaman Pegadaian. Keamanan terjaga, tenor bayar hingga dua tahun, dan jumlah pinjaman bisa mencapai ratusan juta.

Siapkan saja kendaraan yang bisa dijadikan agunan, lengkap dengan BPKB aslinya atas nama Anda. Bisa juga alat elektronik yang sesuai dengan kriteria agunan Pegadaian, jika syarat lengkap maka dalam hitungan jam dana akan langsung cair.

Tips Memilih Macam macam Pinjaman Yang Tepat
Sudah siap untuk mengajukan pinjaman, dengan salah satu dari macam – macam pinjaman di atas? Jangan lupa untuk mengikuti tips berikut ini, agar Anda bisa mendapatkan pinjaman yang tepat.

Pastikan Tujuan
Anda harus memastikan tujuan dari meminjam uang tersebut. Untuk memulai usaha, biasanya adalah dibutuhkan untuk biaya produksi dan pembelian bahan baku hingga promosi. Dengan tujuan yang jelas, maka Anda akan lebih mudah menentukan berapa besaran pinjaman yang akan diajukan.

Pastikan Waktu Pengembalian
Berapa tenor yang disediakan oleh penyedia pinjaman, apakah hanya beberapa bulan atau mencapai tahunan. Ini akan sangat penting, apalagi bagi Anda yang baru merintis usaha karena belum bisa dipastikan berapa keuntungan yang akan didapat.

Lebih baik mencari jenis-jenis pinjaman dan angsuran pinjaman dengan tenor yang tidak terlalu cepat, namun tidak pula terlalu lama. Paling tidak hal itu bisa menjadi penyemangat Anda untuk menjalankan usaha lebih baik, agar bisa lancar membayar cicilan pinjaman nanti.

Pastikan Angsuran
Anda juga harus tahu dulu berapa angsuran yang harus dibayar tiap bulannya, jika memilih pinjaman tersebut. Jika dirasa memberatkan, maka pilihlah jenis pinjaman lain yang lebih masuk akal dengan kondisi finansial Anda.

Sistem Bayar Angsuran
Ada bagusnya untuk memilih pinjaman tetapi dengan angsuran yang dapat Anda bayar, dengan variasi metode. Jadi Anda tak perlu susah payah datang ke kantor bank atau penyedia pinjaman, hanya untuk membayar tagihan secara tunai.

Saat ini banyak sistem pembayaran yang sudah disediakan mulai dari internet banking, transfer menggunakan anjungan tunai mandiri. Ada juga yang memanfaatkan kerjasama dengan platform tertentu, yang akan semakin memudahkan Anda saat membayar. Pastinya lebih hemat waktu dan tenaga.

Adakah Penalty?
Jangan lupa untuk memastikan konsekuensi apa yang akan Anda terima, jika terjadi keterlambatan pembayaran. Ini akan berhubungan dengan meningkatnya jumlah angsuran atau tidak.

Sebaiknya pilih yang memberikan penalti fleksibel dan tidak memberatkan Anda. Pastikan untuk tahu cara perhitungan bunga pinjaman, agar Anda tidak harus mendapatkan penalti yang memberatkan.

Untung Rugi Dari Macam – macam Pinjaman
Selangkah lagi sebelum memilih pinjaman yang tepat, dari sederet daftar macam – macam pinjaman. Anda perlu tahu bahwa ada beberapa keuntungan yang akan dirasakan, ketika memanfaatkan pinjaman.

Keuntungan yang paling utama adalah Anda bisa lebih cepat memulai usaha, dengan adanya suntikan dana segar dari pinjaman. Kemungkinan meraih untung dan mengembangkan usaha, juga jadi lebih cepat.

Sedangkan kerugiannya adalah Anda harus menyisihkan uang setiap bulan, untuk membayar angsuran. Bagi para pengusaha baru, tentu akan menjadi pengeluaran tambahan yang sangat memberatkan. Tak sedikit yang akhirnya gagal membayar dan masuk daftar hitam, penyedia pinjaman.

Semoga informasi seputar macam – macam pinjaman hingga untung ruginya tersebut, memberikan manfaat hebat bagi Anda. Terutama para pengusaha baru, yang ingin menjadi bagian sebuah persaingan bisnis. Jangan takut meminjam uang pada lembaga tepat, asalkan tujuannya jelas dan berkomitmen untuk mengembalikannya sesuai jadwal.

Komentar

Hubungi Kami via Whatsapp